RSS Feed

Minggu, 05 Mei 2013

CARA CERDAS BERTERNAK BURUNG ANGGUNGAN


CARA CERDAS BETERNAK BURUNG ANGGUNGAN

Bicara tentang bisnis , dewasa ini segala sesuatunya mudah untuk di jadikan ‘modal’ dalam berbisnis. Contohnya saja disini saya mengambil salah satu usaha bisnis yang dalam kenyataannya sangat menghasilkan, yaitu sebagai peternak .
Dalam dunia kehidupanyang besar suatu yang besarpun selalu didasarkan pada yang kecil. Sebagai Peternak yang handal tentunya sangat dibutuhkan “kesukaan dan usaha” yang tinggi pula.. Dalam kaitan dengan peternakan ,saya menekankan pada ternak burung anggungan, misalnya saja Derkuku dan Perkutut, Walau burung tersebut dmata orang atau bukan kalangan pecinta burung, burung burung tersebut tidaklah dpandang hebat.! Akan tetapi dibakik itu seekor burung anggungan yang benar benar matang dapat mencapai harga jual yang tinggi. Bahkan lebih tinggi dari gaji sebagai pekerja swasta.
Dan untuk mendapatkan burung yang benar benar handal dan berkualitas sangat dperluhkan kesabaran dan pengertian akan burung tersebut. Bagi para amatir hal hal tersebut sangatlah sulit..
Akan tetapi dalam kaitan dengan ilmu ‘cinta’ atau dambaan, untuk seekor burung anggungan sendiri seorang berani merauk kantungnya hingga puluhan juta rupiah, apalagi burung tersebut didukung dengan adanya perlombaan.
Untuk itu saya sedikit menerangkan apa yang dperluhkan dan berapa kira kira harga dari burung itu sendiri...

BETERNAK BURUNG ANGGUNGAN-DERKUKU

-Derkuku –
Burung derkuku atau tekukur di alam bebas hidup di pohon-pohon di dekat daerah pertanian. Warna bulunya kelabu kecokelatan dan hampir merata di seluruh badannya. Pada bagian sayap terdapat bercak-bercak hitam atau bercorak hitam. Bagian leher sebelah atas dilingkari oleh gelang berwarna hitam bertotol-totol putih. Burung ini biasa mencari makanan berupa biji bijian di tanah-tanah tegalan atau persawahan yang baru selesai dipanen.


Suara burung ini sangat merdu. Pada saat bersuara, burung ini terlihat seperti mengangguk-angguk. Suara yang merdu inilah yang kemudian dilombakan. Dari lomba suara derkuku kemudian dikenal adanya istilah derkuku asli dan derkuku rekayasa.
Burung derkuku dikatakan asli apabila kedua induk, jantan maupun betina, merupakan burung Streptopelia chinensis (burung derkuku murni). Derkuku asli memiliki sifat liar dengan kualitas suara semakin baik seiring dengan bertambahnya umur. Yang dimaksud dengan derkuku rekayasa adalah burung derkuku yang salah satu moyangnya adalahStreptopelia bitorguata (burang puter).
Anakan hasil perkawinan derkuku dan puter ini disebut cuhu. Cuhu dikawinkan lagi dengan burung derkuku asli, anaknya disebut sinom. Sinom dikawinkan lagi dengan derkuku asli, demikian seterusnya. Anak hasil perkawinan silang antara sinom dan derkuku asli inilah yang disebut derkuku rekayasa.

MEMILIH DERKUKU BERKUALITAS
Tidak semua derkuku memiliki kualitas suara bagus. Untuk memilih yang bersuara bagus, ada dua hal yang bisa dijadikan pedoman:
1) berdasarkan katuranggan / postur tubuh ,dan
2) mendengar langsung suara anggungnya.

MERAWAT DERKUKU
Derkuku relatif tidak memerlukan perawatan yang rumit. Apalagi jika tujuannya hanya sekadar memelihara dan memiliki saja tanpa bermaksud untuk mencetak prestasi derkuku dalam arena lomba.
Bagi beberapa penggemar, tujuan memelihara derkuku adalah untuk memperoleh suara anggungan derkuku yang elok dan indah. Sementara, penggemar lain memiliki tujuan melombakan suara derkuku dalam konkurs.
Konkurs inilah yang mendorong para penggemar untuk memelihara derkuku dengan lebih sabar, tekun, dan telaten dengan dilandasi oleh rasa kasih sayang. Kelompok penggemar semacam ini akan merawat derkukunya dengan lebih baik. Mereka sangat memperhatikan kesehatan fisik dan mental burung peliharaannya.

LANGKAH LANJUTAN
Untuk mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi ,atau bahkan diatas perkiraan kita. Burung tersebut yang sudah matang kita ikutkan dalam kontes atau lomba, yang dimana di Indonesia kita ini sudah ada dan bahkan sering diadakan perlombaan oleh ‘persatuan pecinta derkuku seluruh indonesia’, dimana perlombaan tersebut diikuti oleh selurung pecinta burung derkuku d seluruh Indonesia ini. Sehingga dengan adanya perlombaan itu seekor burung derkuku dapat sangat berNILAI. Dalam pengalaman seekor burung JAWARA seketika lomba langsung dtawar jutaan rupiah. Sekilas tentang bisnis sampingan yang juga dapat kita jadikan hobi sampingan.
.
REFERENSI
http://omkicau.com/hobi-lain/derkuku/#derkukudankerabatnya
dan juga dari pengalaman.,..

                                                                                    Nama : Bambang Jati Purnomo
                                                                                    STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

0 komentar:

Posting Komentar